Launching Unika St. Agustinus Hippo: Pulau Kalimantan Punya Universitas Katolik Pertama

564
Filemon I. Dela Cruz, Jr., O.P. memotong bambu dalam rangkaian launching Unika St Agustinus Hippo/Yusti H. Wuarmanuk
5/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.COM – DI tengah gerimis yang membahasahi Bumi Ngabang, Landak, Kalimantan Barat, proses Launching Universitas Katolik (Unika) St. Agustinus Hippo (USA) berjalan hikmat.

“Ini momentum yang luar biasa. Awalnya kami tidak menyangka akan jadi universitas. Semua berawal dari keterbatasan tetapi Tuhan membuka jalan bagi kami. Dan di pedalaman Kalimantan ini, Unika pertama berdiri,” ujar Adrianus Asia Sidot.

Adrianus sendiri adalah pemilik tanah yang sudah menghibahkan kepada Gereja untuk mendirikan USA. “Saya sungguh merasa bahagia dengan adanya Unika ini dan dengan begini saya yakin akan membantu mempercepat pendidikan di pedalaman Kalimantan dan khususnya kepada masyarakat Dayak,” sebutnya.

Ia berharap lewat Unika St. Agustinus Hippo ini tiga komponen utama yaitu literasi, numerasi dan sains dapat tumbuh pesat dan kedepannya menjadi center of excellence.

Hal yang sama dijabarkan oleh Provinsial Ordo Pengkotbah Filipina Pastor Filemon I. Dela Cruz, Jr., O.P bahwa Ordo Pengkotbah begitu senang dan bahagia karena proses pembangunan Unika ini berjalan cukup cepat. Menurutnya, ini semua karena Penyelenggaraan Ilahi.

Pastor Filemon berharap kedepannya Unika ini menjadi tempat dimana Sains dan Teknologi berkembang. Sebab teknologi dan sains tidak saja milik orang-orang kota tetapi harus merata kepada mereka yang kecil dan lemah. “Salah satu fokus adalah bagaimana kolaborasi USA dengan Universitas St. Thomas Aquina di Manila,” sebutnya.

Sementara itu, Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus menegaskan bahwa USA ini tidak berarti apa-apa jika tidak memperhatikan dan fokus menolong mereka yang kecil dan lemah. “Sebagai orang pedalaman, pendidikan itu sangat penting. Hanya terkadang tidak ada akses bagi orang pedalaman. Sekarang sudah ada Unika di tengah-tengah masyarakat kecil, maka kedepannya semua orang wajib mendapatkan pendidikan yang layak dan terarah,” sebutnya.

Dari pihak Pemerintah Provinsi, Gubenur Kalimantan Barat, Sutarmidji berjanji pemerintah provinsi akan mendukung penuh USA. Dia juga mendesak para Bupati dari Kalimantan Barat agar sesegara mungkin mengirimkan para siswa di daerah-daerah terpencil untuk bersekolah di Unika ini.

“Saya tegaskan tidak perlu lagi pergi kuliah jauh-jauh di Jawa tetapi kualitas sama saja dengan di sini. Di sini tenaga pengajar dan mata kuliah tidak kalah hebat dengan universitas yang lainnya,” sebutnya.

Pemerintah Provinsi Kalbar juga berjanji akan membuka kesempatan lebar-lebar bagi lulusan Unika St. Agustinus untuk mendapatkan pekerjaan atau magang di lingkup pemerintahan Provinsi Kalbar. “Satu hal lagi yang penting setelah tamat dari sini, pemerintah siap mensuport untuk bekerja atau magang di instansi pemerintahan terkait. Dan pemerintah juga akan mendukung program beasiswa bagi mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi,” janjinya.

Sejumlah tokoh pemerintah, tokoh agama, dan masyarakat, serta mahasiswa membanjiri Kampus 1 universitas ini. Hadir dalam acara ini Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus dan Uskup terpilih Sanggau Mgr. Valentinus Saeng, CP; Ignatius Iga selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Kalimantan Barat mewakili Gubernur, Anggota DPR RI Kalbar Adrianus Asia Sidot dan mantan Gubernur Kalbar Kornelis; Provinsial Ordo Pengkotbah Filipina Pastor Filemon I. Dela Cruz, Jr., O.P;  Ketua Dewan Pembina Yayasan Landak Bersatu Frangky Sibarani; Samuel selaku PJ Bupati Landak Samuel serta mantan Bupati Landak Carolin Margret Natasa, serta Bupati Sanggau dan Bupati Bengkayang dan para pastor suster dari berbagai ordo, civitas akademika, dan umat beriman lainnya.

Unika St. Agustinus Hippo memiliki tiga kampus. Kampus 1 dan 3 di Desa Ngabang, Landak sementara kampus 2 di Pontianak. Ada beberapa program studi Strata Satu (S1) yaitu Pendidikan Bahasa Inggris, Matematika. PJKR, Sistem Informasi, Agribisnis, dan Teknik Logistik. Sementara Program Studi D3 yaitu Keperawatan dan Kebidanan.

Melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia nomor 489/E/O/2022 tertanggal 13 Juli 2022, Universitas Katolik USA telah mendapatkan izin tentang Penggabungan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pamane Talino di Kabupaten Landak, Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak di Kota Pontianak, dan Akademi Kebidanan St. Benedicta Pontianak di Kota Pontianak menjadi Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo di Kabupaten Landak, yang diselenggarakan oleh Yayasan Landak Bersatu.

Yusti H. Wuarmanuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here