Gregory Joseph Burke : Juru Bicara Baru Vatikan

32
Gregory Joseph Burke
[Dok.nytimes.com]
Gregory Joseph Burke : Juru Bicara Baru Vatikan
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – MEDIO Juli silam, Paus Fransiskus mengangkat Gregory Joseph Burke menjadi Juru Bicara sekaligus Direktur Kantor Berita Vatikan per 1 Agustus 2016. Burke menggantikan posisi Pater Federico Lombardi SJ. Anak ketiga dari enam bersaudara ini merupakan awam pertama Amerika yang berada di posisi itu.

Burke bukan orang baru di Vatikan. Ia sudah berkiprah dalam dunia media di Roma selama dua dekade terakhir. Ia direkrut Vatikan sejak Juni 2012, sebagai penasihat senior Bidang Komunikasi di Sekretariat Negara-Kota Vatikan. Pada 1 Februari 2016, alumnus jurusan Jurnalistik dari Universitas Columbia, Manhattan, New York ini ditugaskan sebagai Wakil Direktur Kantor Berita Vatikan.

Sebelum direkrut Vatikan, Burke adalah koresponden untuk beberapa media, seperti United Press International (UPI), Reuters, hingga Time. Ia juga terdaftar sebagai Numerari, yakni awam selibat, anggota Opus Dei yang tinggal di Opus Dei Center.

Promosi Burke ini dinilai sebagai sikap keterbukaan Paus Fransiskus pada kelompok yang sering dianggap konservatif. Pun menjadi antitesis tuduhan beberapa kelompok bahwa ia anti Amerika. Hal ini justru menunjukkan konsistensinya untuk memilih orang berdasarkan kompetensi.

R.B.E. Agung Nugroho

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: redaksiwebs[email protected].

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here