PERAIH FRANS SEDA AWARD

180
Penerima Frans Seda Award bersama Pengurus Inti Yayasan Unika Atma Jaya Jakarta dan Panitia Frans Seda Award 2016.
[Dok. Unika Atma Jaya Jakarta]
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com - FRANS Seda Award (FSA) tahun ini diterima oleh Martinus Rato Helmon dan Nursyda Syam. Pengumuman dan penganugerahan FSA ketiga bagi para pemenang ini berlangsung di Gedung Yustinus, Unika Atma Jaya Jakarta, Selasa, 4/10. Penganugerahan untuk insan muda Indonesia di bidang pendidikan dan kemanusiaan ini sebelumnya terjadi pada 2012 dan 2014.

Martinus Rato Helmon asal Mukun, Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur, membangun desanya melalui Yayasan Kita Cinta Indonesia (YKCI), Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), Koperasi Simpan Pinjam Cinta Indonesia (KSP CI), dan Koperasi Serba Usaha Cinta Indonesia (KSU CI). Ia juga membantu masyarakat
melalui program sertifikat tanah petani pedesaan. Selain itu, Martinus merintis Sekolah Menengah Kejuruan Mukun Cinta Indonesia, dengan jurusan awalnya Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (Mix-Farming).

Sementara itu, Nursyda Syam, asal Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, memelopori sekolah alam “Anak Negeri” dan klub membaca. Klub itu ia persembahkan untuk anak-anak perempuan dan perempuan dewasa di kampungnya.

Terkait penjaringan tokoh, Ketua Pelaksana FSA 2016, Dhevy Setya Wibawa menjelaskan, panitia menggelar kompetisi blog, video profil tokoh, menulis, dan siaran untuk umum dan wartawan. “Setelah terkumpul, kami memberikan kepada dewan juri untuk kemudian dipilih 11 nominator. Dan akhirnya dipilih dua pemenang,” jelasnya.

Marchella A. Vieba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here