Sambangi Menteri Desa, Pemuda Katolik Diskusi Soal Pembangunan

50
Jajaran Pengurus Pusat Pemuda Katolik bersama Eko Putro Sandjojo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Senin, 31/10 (Dok. Pemuda Katolik)
Sambangi Menteri Desa, Pemuda Katolik Diskusi Soal Pembangunan
Mohon Beri Bintang

HIDUPAKTOLIK.COM – JAJARAN Pengurus Pusat Pemuda Katolik menyambangi kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Senin, 31/10. Mereka disambut langsung sang Menteri, Eko Putro Sandjojo.

Stefanus Asat Gusma, Ketua Stering Commite Rapat Pimpinan Nasional (rapimnas ) Pemuda Katolik yang akan diselenggarakan di Surakarta, Solo, Jawa Tengah pada 18-20 November mendatang, mengatakan, audiensi ini merupakan rangkaian persiapan Pemuda Katolik jelang rapimnas.

Hal lain, kata Gusma, kunjungan ini menunjukan komitmen Pemuda Katolik untuk terlibat dalam denyut nadi ekonomi dan pembangunan di Desa. Selain itu, lanjut Gusma, audiensi ini juga erat kaitannya tema rapimnas, “Konsolidasi Organisasi Bersama Umat dan Masyarakat dalam Rangka Memperkuat Pembangunan Nasional Berbasis Desa.”

Tema “Desa” di rapimnas Pemuda Katolik mendatang merupakan amanat hasil Kongres Nasional Pemuda Katolik XVI pada 21-23 Agustus 2015) di Batam, dan tindak lanjut Rakernas Pemuda Katolik (19-22 April 2016) di Kabupaten Lamandau – Kalimantan Tengah. “Jadi, desa memang menjadi fokus dan standing point dalam pembinaan kader, sekaligus ruang bagi kader untuk terlibat,” tukas Gusma.

Selama audiensi, Ketua Umum Pemuda Katolik, Karolin Margret Natasa dan para pengurus pusat menyampaikan gagasan dan rencana Pemuda Katolik dalam pembangunan desa. Eko Putro Sandjojo, menyambut baik kedatangan Pemuda Katolik. Ia mengaku tertarik dengan konsen dan fokus Pemuda Katolik untuk memperhatikan pembangunan dan pemberdayaan desa.

Sementara, dalam keterangan terpisah, Sekjen Pemuda Katolik, Christopher Nugroho menyampaikan beberapa hal penting dalam Rapimnas mendatang. Pertama, Konsolidasi organisasi melalui pembentukan kepengurusan (Komda) hingga 34 Provinsi. Kedua, Pembentukan kepengurusan di tingkat desa dan keterlibatan kader dalam implementasi UU Desa.

Pemuda Katolik, kata Christ, juga akan melihat soal peran dan keterlibatan kader dalam Pilkada serentak 2017 mendatang. Hal lain, lanjutnya, juga soal peningkatan kualitas SDM kader dan kerjasama dengan mitra strategis untuk mewujudkan program-program kerja.

Edward Wirawan

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here