HUT 95th Kanisius: Literasi bagi Anak-anak

29
Anak-anak yang menjuarai lomba melukis dalam rangkaian perayaan HUT ke-95 PT Kanisius Yogyakarta (Insert: Romo Hendrik Kerans SVD) (Dok.Kanisius)
HUT 95th Kanisius: Literasi bagi Anak-anak
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – MENYAMBUT perayaan ulang tahun ke-95 PT. Kanisius Yogyakarta, Direktur Penerbit Nusa Indah Ende, Flores, NTT, Romo Hendrik Kerans SVD menyambut gembira. Selain mengungkapkan harapan agar terjalin kerja sama yang lebih erat sebagai sesama anggota Sekretariat Bersama (SEKSAMA) Penerbit-penerbit Katolik di Indonesia, ia juga menitipkan pesan agar para penerbit Katolik kian menggalakkan budaya literasi di tengah anak-anak.

“Kita tak boleh berkecil hati. Kenyataan menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun anak-anak kita yang tidak bersekolah semakin berkurang. Sekolah terasa demikian penting bagi seluruh masyarakat kita. Dengan bersekolah, anak-anak kita mau tak mau harus belajar. Dengan demikian, buku akan menjadi sumber pengetahuan yang baik bagi mereka. Maka di sini, kegiatan literasi pada anak-anak harus kita kembangkan dan kita dukung,” ungkap Romo Hendrik.

Selain menitipkan pesan pada para penerbit Katolik, Romo Hendrik juga berharap agar gerakan literasi menjadi gerakan bersama seluruh komponen Gereja Katolik di Indonesia. Sudah semestinya SEKSAMA memperkokoh kerja sama dengan organ-organ Gereja; pun demikian sebaliknya. Gerakan literasi ini harus tumbuh di dalam Gereja Katolik, bukan untuk tunas-tunas Gereja masa depan saja, melainkan juga bagi anak-anak dari agama dan tradisi keyakinan lainnya. “Kita harus menghadirkan buku-buku, bacaan-bacaan yang menarik dan bermutu bagi anak-anak kita, mulai dari usia sedini mungkin agar mereka terbiasa bergaul dengan buku-buku. Selain itu, kita juga harus berusaha mengadakan aneka kegiatan kreatif yang bisa mendekatkan anak-anak kita kepada buku dan kegiatan membaca,” pungkas Romo Hendrik.

R.B.E. Agung Nugroho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here