Ajakan Uskup Menyambut Pilkada

90
Mgr Suharyo memasukan surat suara ke kotak suara pada Pemilu 2014.
[Dok. HIDUP]
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com - USKUP Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo mengajak umat Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) ikut menjaga proses Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) agar pesta demokrasi di tiap wilayah menjadi suatu proses pendidikan politik yang bermartabat. Ia melayangkan surat himbauan kepada seluruh umat di KAJ.

Berikut ajakan Mgr Suharyo melalui surat itu. Pertama, umat diajak untuk bersikap tenang dan jernih dalam menyikapi keadaan. Umat diminta ikut mendukung segala upaya pemerintah dalam menjaga ketenangan dan kedamaian. Kedua, Pilkada penting dalam kehidupan bermasyarakat, karena itu umat yang memiliki hak pilih dapat menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani.

Ketiga, dalam menentukan pilihan, umat diajak untuk mengedepankan rasa kebangsaan dan kebhinnekaan, yang diharapkan memberi makna positif bagi keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila. Keempat, umat terus berdoa agar Tuhan selalu menjaga negara dan bangsa kita; agar para pemimpinnya senantiasa diberi terang kebijaksanaan, sehingga kita sama-sama maju menjadi masyarakat yang damai dan sejahtera. Kelima, umat menjaga Gereja atau sarana ibadah agar tidak dijadikan tempat atau sarana untuk berkampanye dalam bentuk apa pun.

Yanuari Marwanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here