HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

RESMI: Bunda Kaum Papa itu dijadikan Santa Pelindung Salah Satu Kota Termiskin

1085
RESMI: Bunda Kaum Papa itu dijadikan Santa Pelindung Salah Satu Kota Termiskin
4.4 (88%) 5 votes

HIDUPKATOLIK.COM – Vatikan pada hari Rabu kemarin (8/9/2017) mendeklarasikan Bunda Teresa sebagai Santa Pelindung Keuskupan Agung Calcutta pada sebuah misa di kota di mana Ia telah mengabdikan segenap hidupnya untuk orang-orang yang paling miskin di India.

Penghormatan itu diberikan setelah 16 bulan lalu Paus Fransiskus menyatakan Bunda Teresa sebagai Orang Kudus.

Sekitar 500 orang menghadiri Misa saat Vikaris Jenderal Dominique Gomes Calcutta membaca keputusan tersebut, yang intinya secara resmi menyatakan Bunda Teresa sebagai Santa Pelindung Kedua dari Keuskupan Agung Calcutta. Nama Bunda Teresa akan disebutkan juga setiap kali umat di kota tersebut berdoa di kota tersebut.

Duta Besar Vatikan untuk India, Giambattista Diquattro, setelah Misa tersebut meresmikan patung perunggu di sebuah Gereja di mana Bunda Teresa digambarkan membawa seorang anak.

Sebelumnya Gereja Katolik Roma telah mendeklarasikan St. Fransiskus Xaverius sebagai Santo Pelindung Pertama Calcutta pada tahun 1986. Keuskupan Agung Calcutta masih mempertahankan nama lama yaitu, Calcutta, meskipun nama resmi kota tersebut telah diubah oleh pemerintah negara bagian India menjadi Kolkata pada tahun 2001.

Uskup agung Calcutta, Thomas D’Souza, mengatakan bahwa setiap keuskupan di dunia memiliki santo/a pelindung dan sejak Bunda Teresa masuk ke kota ini, “Kami memutuskan untuk mengumumkan Bunda Teresa juga sebagai Pelindung Kami”.

“Kami sangat senang bahwa Keuskupan Agung Calcutta telah mendeklarasikannya sebagai pelindung kota, ini berarti pekerjaan hebatnya untuk masyarakat, memang diakui”, kata Suster Prema, kepala Misionaris Cinta Kasih, sebuah tarekat biarawati yang didirikan oleh Bunda Teresa pada tahun 1950.

Orang-orang Katolik di Kolkata mengatakan bahwa mereka senang dengan keputusan Vatikan.

“Kami sangat senang karena Bunda kami, yang telah melakukan banyak pelayanan untuk orang-orang miskin di kota ini, terlepas dari agama, kasta atau kepercayaan, telah dijadikan pelindung Keuskupan Agung Calcutta”, kata seorang ibu rumah tangga Karabi Kanjilal. (WashingtonPost)

“Ya Santa Bunda Teresa, Doakanlah kami anakmu yang miskin dan berdosa ini….. Amin”.

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Kirim ke email: [email protected].

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here