Pengakuan Dosa: Berkaca Pada 10 Perintah Allah

972
[ilustrasi: http://catatansigal.blogspot.co.id]
Pengakuan Dosa: Berkaca Pada 10 Perintah Allah
2.7 (53.33%) 3 votes

HIDUPKATOLIK.com – Menginjak masa advent ketiga pada Minggu lalu dan melangkah ke minggu advent yang keempat dalam rangkaian persiapan Natal, gereja kembali mengajak umatnya untuk merasakan sukacita yang memang sungguh dirasakan sebagai umat Katolik atas karya pertolongan Allah yang nyata dalam kehidupan, yang akan ditandai dengan peringatan kelahiran Sang Juru Selamat kita, Yesus Kristus.

Dalam rangkaian kegiatan ibadat tobat dan pengakuan dosa, kita pun diajak untuk menelisik kembali tentang apa yang sudah kita lakukan selama setahun terakhir dalam hidup kita, dan secara rendah hati dan sadar untuk melakukan rekonsiliasi dengan Tuhan, yang mau hadir dalam keberdosaan kita.

Namun tidak jarang diantara kita yang merasa kikuk atau bingung pada saat pengakuan dosa, apa saja sih dosa-dosa yang telah dilakukan. Begitu pula dengan saya, ketika seorang teman menanyakan tentang apakah ada panduan pengakuan dosa, mengacu pada sepuluh perintah Allah.

Sepuluh Perintah Allah, sebagaimana dikutip dari Puji Syukur no 1 (Nihil Obstat : Dr. A.M Sutrisnaatmaka, M.S.F, IMPRIMATUR : BI PUJARAHARJA) adalah:

      1. Jangan menyembah berhala, berbaktilah kepadaKu saja, dan cintailah Aku lebih dari segala Sesuatu
      2. Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat
      3. Kuduskanlah hari Tuhan
      4. Hormatilah Ibu-Bapakmu
      5. Jangan membunuh
      6. Jangan berzinah
      7. Jangan mencuri
      8. Jangan bersaksi dusta tentang sesamamu
      9. Jangan mengingini istri sesamamu
      10. Jangan mengingini milik sesamu secara tidak adil

Untuk membantu merefleksikan apa saja dosa-dosa yang telah kita lakukan, mungkin lembar bantuan pengakuan dosa berdasarkan sepuluh perintah Allah berikut ini dapat membantu kita untuk melakukan pemeriksaan batin dan mengakukan dosa dengan lebih mendalam.

Sumber: Gereja Katolik Santo Paulus, paroki Pekanbaru (https://santopauluspku.files.wordpress.com/2013/02/lembar-latihan-pengakuan-dosa.pdf).

Baca juga:

Selamat mempersiapkan natal dengan hati yang bersih dan semangat yang baru.

 

(A.Bilandoro)

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here