Kibarkan Panji Cinta dan Persaudaraan Sejati Di Bumi Pertiwi

50
Kibarkan Panji Cinta dan Persaudaraan Sejati Di Bumi Pertiwi
4 (80%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM – Setelah mengikuti acara Petualangan Persaudaraan 100 remaja Cinta Tanah Air, pada Sabtu, 24/2 lalu, Romo Richard SS.CC dan Seksi HAAK Paroki St. Odilia yang terdiri dari  Frans dan Deni, bersama diajak oleh Pimpinan GP Ansor/ Banser provinsi Banten, Huda untuk hadir dalam DIKLAT (Pendidikan dan Latihan) Ansor/Banser, Kecamatan Paku Haji Kabupaten Tangerang.

Instruktur kegiatan, Adam, menyampaikan sejarah bangsa dengan sangat menarik sehingga para peserta diklat ini turut merasakan gelora semangat cinta iman dan tanah air.
Mereka digembleng untuk mencintai iman, tanah air, dan sesama.

Sebuah kehormatan bagi saya sebagai imam Katolik, diminta memberi motivasi kepada para peserta diklat ini. Inti motivasi adalah bahwa bangsa Indonesia memiki kader-kader yang hebat melalui para peserta Diklat Ansor dan Banser ini.

Para peserta diklat diajak untuk turut menyadari bahwa mereka pasti menjadi manusia yang kuat dalam Ukhuwah Amaliah (prinsip iman), Ukhuwah Wathaniyah (prinsip persaudaraan bangsa), dan Ukhuwah Basyariah/ Insaniyah (persaudaraan antar umat manusia).

Persaudaraan Bangsa (Ukhuwah Wathaniyah) dan persaudaraan antar umat manusia (Ukhuwah Basyariah) akan berakar mendalam kalau didasarkan pada penghayatan iman yang benar (Ukhuwah Amaliah).

Ukhuwah Wathaniah ini diwujudkan dengan sikap toleransi. Ukhuwah Basyariah dinyatakan dalam kepedulian kepada sesama, apapun agamanya karena dengan mencintai sesama, kita mencintai diri kita sendiri.

Kehadiran para romo dan seksi HAAK Paroki Santa Odilia merupakan pelajaran nyata tentang toleransi yang mudah dimengerti dan dihayati oleh para peserta Diklat ini. Dengan Diklat ini, panji cinta dan persaudaraan sejati semakin dikibarkan di Bumi Pertiwi.

Setelah memberikan motivasi kebangsaan, kami menyanyikan Mars Ansor dengan semangat.

Jangan lupa juga melihat video menarik di https://youtu.be/Sbsp5qLjqlc

Kita Bhinneka, Kita Indonesia. Salam Kerukunan

Romo Felix Supranto, SS.CC 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here