Perhentian Akhir Misionaris Padre La Ruffa

495
Pastor Aldo La Ruffa SX semasa hidupnya.[Dok.fb.Paroki Santo Paulus Pekanbaru]
Perhentian Akhir Misionaris Padre La Ruffa
1.5 (30%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com  Berita lelayu: telah berpulang, Pastor Aldo La Ruffa SX, misionaris asal Tropea, Regio Calabria, Italia, yang mencintai tanah misi hingga akhir hayatnya.

Pastor Aldo La Ruffa SX menjalani operasi tumor usus selama sekitar sebulan. Mendiang mengalami komplikasi pernapasan hingga akhirnya, pada Selasa, 12/6/2018 pukul setengah enam sore, beliau meninggal dunia di ruang ICU RS Yos Sudarso, Padang, Sumatra Barat, Indonesia.

Pastor Aldo La Ruffa lahir di Italia, 7 September 1928. Tahun ini usianya akan genap 90 tahun.

Ia masuk Serikat Xaverian di Seminari Menengah Xaverian San Pietro di Vincolli, Italia pada akhir Agustus 1946. Ia masuk novisiat pada 11 September di tahun yang sama. Di tempat itu pula, ia mengikrarkan profesi pertamanya (dalam arti kata “tegas dan tepat”-http://ofm.or.id-) pada 12 September 1947.

Kemudian ia melanjutkan masa formasi di Desio, dekat kota Milan. Pada September 1949 sampai Agustus 1951, ia mengemban tugas pelayanan apostolik sebagai prefek di berbagai rumah pembinaan yang dimulai di Poggio San Marcello. Kemudian di Cremona, dan akhirnya ke Zelarino. Di Piacenza, ia belajar teologi pada September 1951 hingga Desember 1954.

Pastor Aldo ditahbiskan menjadi imam di Piacenza pada 3 Oktober 1954 dan menjalani tugas perutusannya yang pertama di tempat tersebut sampai Mei 1956, hingga kepindahannya ke London, untuk memulai kursus bahasa Inggrisnya.

Perjalanan misi Pastor Aldo di tanah air diawali pada 21 November 1957, ketika ia tiba di Indonesia. Mendiang pernah menjabat sebagai guru dan asisten Pastor Paroki di Katedral Padang (1958-1962), kemudian sebagai Kepala Paroki di Padang Baru (1962-1965).

Selanjutnya di Pekanbaru (1965-1981, menjabat sebagai Ketua Pengurus Yayasan Prayoga-Rumah Sakit Santa Maria, Pekanbaru yang pertama). Terpilih sebagai Delegatus Uskup (1974-1981), Pastor Paroki di Dumai (1982-1984), Administrator Keuskupan di Padang (1984-2006), Direktur Rumah Sakit Yos Sudarso (1984-2009), dan Administrator Rumah Sakit Yos Sudarso (2009-2017).

Hingga akhir hayatnya, Pastor Aldo menghidupi berbagai karya pelayanan dan kegiatan misioner. Terima kasih atas karya dan teladanmu, Padre La Ruffa, semoga berbahagia bersama para kudus di surga. Selamat berpulang Pastor.. requiescat in pace. (Sumber:fb Provinsial SX Indonesia, Pastor Antonius Wahyudianto, SX).


Dilansir dari fb “Paroki Santo Paulus Pekanbaru” hari ini, diinformasikan jadwal doa dan misa arwah/ misa requiem dan pemakaman almarhum Pastor Aldo La Ruffa SX sebagai berikut:

  • Rabu, 13 Juni
    – Siang hari jenazah diantar dari RS Yos Sudarso dan disemayamkàn di kapel Biara Xaverian, Jl. Situjuh No. 3 Padang, Sumatra Barat
    – Sepanjang pagi hingga sore dapat didoakan Rosario atau Koronka secara pribadi/ per kelompok kategorial
    – Pukul 7.30 malam akan dilangsungkan misa arwah yang dipimpin oleh Vikjen Pastor Alex Suwandi di Kapel Biara SX Padang
  • Kamis, 14 Juni
    – Sepanjang pagi hingga sore hari didoakan Rosario pribadi atau kelompok di Kapel Biara SX Padang.
    – Pukul 7.30 malam, misa arwah oleh Provinsial, Pastor Anton
  • Jumat, 15 Juni
    – Sejak pagi diadakan rosario pribadi atau kelompok di kapel biara
    – Pukul 10.00 doa rosario dan penutupan/ pemberkatan dan pemberangkatan peti jenazah, dari Biara ke Gereja Padang Baru.
    – Pukul 11.00; MISA REQUIEM OLEH BAPA USKUP DI GEREJA ST.FRANSISKUS ASSISI PADANG BARU, dilanjutkan dengan upacara pemakaman di kompleks Biara Xaverian Padang.

 

AB

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here