Jalan Panjang Dua Uskup Terpilih: Mgr Christophorus Tri Harsono

1266
Mgr Christophorus Tri Harsono. [HIDUP/Aloisius Johnsis]
Jalan Panjang Dua Uskup Terpilih: Mgr Christophorus Tri Harsono
3 (60%) 6 votes

HIDUPKATOLIK.com BEBERAPA waktu yang lalu Paus Fransiskus telah mengangkat dua uskup baru untuk Indonesia. Mgr Christophorus Tri Harsono terpilih menjadi Uskup Purwokerto dan Mgr Ewaldus Martinus Sedu menjadi Uskup Maumere.

Sebelum terpilih, Mgr Tri adalah Vikaris Jenderal Keuskupan Bogor. Mgr Tri lahir di Bogor, 18 Januari 1966, ia adalah “anak kolong”. Anak kolong adalah sebutan dalam bahasa sehari-hari untuk anak tentara atau anak yang besar di tangsi tentara. Ia tinggal dan dibesarkan di kompleks Lanud Atang Sendjaja, Semplak, Bogor, Jawa Barat.

Ayahnya Almarhum Pitoyo merupakan anggota Paskhas TNI-AU. Mgr Tri adalah lulusan Seminari Menengah Stella Maris Bogor. Ia menjalani studi filsafat dan teologi di Fakultas Filsafat Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Bandung, Jawa Barat.

Ia ditahbiskan di Paroki Keluarga Kudus, Cibinong pada 5 Februari 1995. Tugas pastoral pertamanya setelah ditahbiskan adalah menjadi pastor rekan di Paroki Maria Tak Bernoda, Rangkasbitung (1995-1996).

Setelah itu, ia pindah ke Bogor untuk menjadi pamong di Seminari Menengah Stella Maris (1996-1998). Tahun 1998-2001, ia melanjutkan studi bahasa dan budaya Arab di The Center or Arabic Studies of Comboni Missionaries, Cairo, Mesir, dan Pontifical Institut for Arabic & Islamic Studies (PISAI), Roma, Italia.

Sekembalinya ke Indonesia, ia mendapat perutusan sebagai dosen Islamologi di Fakultas Filsafat Unpar sampai saat terpilih menjadi uskup. Ia juga menjadi Rektor Seminari Tinggi St Petrus Paulus, Bandung (2002-2005 dan 2008-2014).

 

Aloisius Johnsis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here