Mgr. Suharyo Berikan Tiga Cara Mencari Tuhan bagi Guru dan Dosen Katolik

266
Mgr. Ignatius Suharyo.
Decky
Mgr. Suharyo Berikan Tiga Cara Mencari Tuhan bagi Guru dan Dosen Katolik
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM – Pada saat-saat yang sakral dan penting dalam hidup-Nya, Yesus selalu berdoa. Demikian disampaikan Uskup Agung Jakarta, Mgr. Ignatius Suharyo, dalam Misa Pembaptisan Tuhan, 13/1.

Misa di Aula Sekolah Santa Maria0, Jakarta Pusat, ini mengawali perayaan Natal bersama dan dialog Bapa Uskup dengan para guru dan dosen Katolik di lembaga pendidikan non-Katolik.

“Dalam Injil Lukas, dikisahkan Yesus selalu berdoa saat Ia dibaptis, saat memilih para murid-Nya, juga pada saat-saat terakhir hidup-Nya,” kata Bapa Uskup.

Selama ini, kata Bapa Uskup, kita sering berdoa memohon kedamaian. Ia mengajak sekitar 500 guru dan dosen yang hadir untuk juga berdoa memohon kecemasan agar tidak selalu merasa nyaman, melainkan terus mencari kehendak Bapa.

Mgr. Suharyo mengatakan Yesus selalu mencari kehendak Bapa melalui doa-doa-Nya. “Jawaban doa Yesus adalah ‘Engkaulah anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah aku berkenan’.”

Dalam khotbahnya, Mgr. Suharyo juga mengajak para guru dan dosen Katolik untuk terus mencari kehendak Bapa melalui tiga cara. Pertama, selalu mencari kehendak Tuhan di zaman yang terus berubah ini melalui doa.

Kedua, mencari kehendak Tuhan melalui disiplin ilmu yang diajarkan serta interdisiplin. “Dalam wahana pelayanan kita, yaitu dunia pendidikan, kita terus membaca kehendak Tuhan,” ujar Bapa Uskup.

Ketiga, Mgr. Suharyo mengajak para pendidik untuk bertanya apa yang harus dilakukan agar melalui dunia pendidikan yang dilayani, para pendidik dapat menjadikan peserta didik pribadi yang semakin berhikmat.

 

Hermina Wulohering

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here