Bernadetha Astri Putri Nugraheni : Dalang Cilik

179
Bernadetha Astri Putri Nugraheni
[Dok. Pribadi]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com - BUNYI gamelan terdengar lembut, Bernadetha Astri Putri Nugraheni melantunkan suluk mengiringi lakon yang dimainkannya. Astri, sapaannya, biasa mucuki sebuah pagelaran wayang. Dalang cilik ini lancar membawakan lakon pewayangan, meski belum tampil semalam suntuk. “Meskipun hanya sebagai pembuka, saya senang bisa terlibat. Suatu hari nanti saya berharap bisa lebih berkembang.”

Gadis kelahiran Sleman, 16 Oktober 2004 ini sangat mengidolakan Gatotkaca. Ketertarikan Astri pada dunia seni muncul saat melihat sang ayah memerankan wayang orang. Sejak kelas 6 SD, Astri menggeluti dunia perwayangan. Ia mengikuti kursus di sanggar P4TK Yogyakarta.

Astri biasa mementaskan Wayang Purwa, tapi juga Wayang Wahyu bersama Romo Agustinus Handi Setianto, imam Keuskupan Purwokerto. Peraih Juara Harapan II tingkat SD Parade Dalang Anak dan Remaja Hari Pendidikan Nasional di Yogya karta ini juga aktif sebagai misdinar dan organis Gereja.

Ia terinspirasi dengan Ki Catur Benyek Kuncoro yang mampu mengemas pagelaran wayang sehingga tidak membosankan. “Orang bule saja belajar Dalang, masak kita orang Indonesia kalah?” ungkap siswi SMP Joannes don Bosco ini.

Fr Antonius Wahyu Pradana MSF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here