Menyelamatkan Jiwa Lewat Sepeda

134
Pastor Strater, diperankan seorang dosen UGM asal Amerika Serikat, Greg Vanderbilt dalam drama persembahan Yayasan Kanisius cabang Yogyakarta. [dok.tiras.co]
Menyelamatkan Jiwa Lewat Sepeda
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com PUNCAK syukur 100 tahun Kanisius diisi dengan pergelaran drama kolaborasi berjudul “Da Mihi Animas”, ‘Serahkanlah Jiwa-jiwa Kepada-Ku’ di Auditorium Driyarkara kompleks Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Sabtu, 25/8.

Sekitar seribu penonton memenuhi kursi auditorium tersebut untuk mengikuti kisah perjalanan hidup dan perjuangan Pastor Strater SJ. Drama kolosal ini dimainkan oleh 300 siswa Kanisius bersama Teater Jaran Iman Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan, dan kelompok Tari Grisadha Sanata Dharma, serta dimeriahkan Paduan Suara Cantus Firmus Sanata Dharma.

Drama kolaborasi garapan sutradara Pastor Antonius Padua Danang Bramasti SJ ini mengisahkan Pastor Strater, diperankan seorang dosen UGM asal Amerika Serikat, Greg Vanderbilt. Drama persembahan Yayasan Kanisius cabang Yogyakarta itu juga menampilkan pantomimer Jemek Supardi.

Pastor Strater adalah misionaris asal Belanda yang tiba di Yogyakarta pada 1918. Dengan gigih dan tanpa lelah, ia ke mana-mana naik sepeda kayu untuk mengunjungi berbagai wilayah di DI Yogyakarta, mulai dari daerah Kulon Progo hingga Wonosari, Gunung Kidul.

Imam Jesuit ini mendidik dan mencerdaskan anak-anak, dengan mendirikan Sekolah Kanisius pertama kali di Kumendaman Yogyakarta dan mendirikan Gereja. Ia meninggal karena penyakit disentri dalam penjara tahun 1942.

 

H. Bambang S (Yogyakarta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here