Paus Fransiskus Donasikan $500.000 untuk 75.000 Kaum Migran di Meksiko

160
Para migran Amerika Tengah naik di atas kereta api barang selama perjalanan mereka menuju perbatasan AS-Meksiko, di Ixtepec, Negara Bagian Oaxaca, Meksiko, Selasa (23/4/2019]. [Dok.Moises Castillo/ AP.]
Paus Fransiskus Donasikan $500.000 untuk 75.000 Kaum Migran di Meksiko
5 (100%) 3 votes

HIDUPKATOLIK.com – Dilansir dari kantor berita Associated Press pada Minggu (28/4) Paus Fransiskus telah menyumbangkan 500.000 dolar untuk membantu para migran di Meksiko, menawarkan bantuan kepada proyek-proyek lokal yang menyediakan makanan, penginapan, dan kebutuhan pokok.

Dana tersebut, dari koleksi Peter Pence, akan didistribusikan di antara 27 proyek yang dipromosikan oleh 16 Keuskupan Meksiko dan kongregasi religius, sebagaimana dinyatakan oleh Peter Pence sendiri.

“Dari proyek-proyek ini, 13 telah disetujui untuk beberapa keuskupan yakni Cuautitlan, Nogales (2), Mazatlan, Querétaro, San Andrés Tuxtla, Nuevo Laredo (2) dan Tijuana; juga untuk Scalabrinians, Jemaat Hati Kudus Yesus dan Maria dan Suster-suster Josefinas.

Sementara 14 proyek lainnya sedang dievaluasi. Sebelum bantuan diberikan, penggunaan sumber daya yang teratur dan transparan sangat diperlukan untuk dapat dipertanggung-jawabkan, demikian bunyi pernyataan tersebut.

Dalam beberapa bulan terakhir, ribuan migran telah tiba di Meksiko, melakukan pengembaraan dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan darurat dari Honduras, El Salvador, dan Guatemala. Tetapi kemudian mereka telah diblokir ketika mencapai suatu daerah yang berbatasan dengan Amerika Serikat.

Secara khusus, bantuan itu dimaksudkan untuk membantu lebih dari 75.000 orang yang tiba di Meksiko pada 2018, yang diangkut dengan enam karavan untuk para migran.

Dalam pernyataan Peter Pence, juga disebutkan bahwa pria dan wanita, kerap kali termasuk anak-anak kecil, melarikan diri dari kemiskinan dan kekerasan, berharap untuk masa depan yang lebih baik di Amerika Serikat. “Semua orang ini terdampar, tidak bisa memasuki Amerika Serikat, tanpa rumah atau mata pencaharian.”

 

Sumber: cruxnow.com/Kontributor Crux
Penerjemah: Antonius Bilandoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here