Pastor Gregorius Sabinus CP (4 November 1963 – 11 Maret 2019) : Menjalankan dengan Taat

198
Gregorius Sabinus CP.
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Panggilan Pastor Gregorius Sabinus CP sebagai imam berawal dari pengaruh lingkungan dan keluarganya sendiri. Saat berusia empat tahun, Gregorius kecil tinggal bersama keluarganya di rumah milik kakeknya yang menjabat sebagai Menteri Adat. Sang paman, Mgr Hieronymus Herculanus Bumbun OFMCap (Uskup Emeritus Keuskupan Agung Pontianak) usai ditahbiskan menjadi imam, pernah tinggal di rumah mereka selama satu minggu. Inilah yang menginspirasi kelahiran Tapang Pulau, Sungai Ayak, 4 November 1963 untuk menjadi imam.

Menerima tahbisan imamat pada 27 Juli 1991, Pastor Greg, sapaanya, ditugaskan sebagai Pastor Paroki Yesus Kristus Yang Tersalib, Kecamatan Nanga Taman, pedalaman Kalimantan Barat (1991 – 1993). Ia dipanggil oleh pimpinan dan diminta untuk bertugas di rumah pembinaan. Setelah itu ia menjadi direktur postulan, lalu berkarya di Biara Mater Sanctae Spei dan sempat diangkat sebagai wakil magister di Batu, Malang. Selama beberapa tahun tersebut, ia bergelut dengan masalah formator dan pembinaan, sebelum akhirnya diberi kesempatan untuk melakukan orientasi di Jakarta.

Pada masa orientasi tersebut, ia mendapat tugas melihat kemungkinan apakah Paroki Teluk Gong Jakarta akan dilayani oleh Kongregasi Passionis. Tugas tersebut dijalaninya selama tiga bulan. Ia dikirim ke Filipina untuk menjalani studi pastoral di East Asian Pastoral Institute (EAPI) Ateneo de Manila University, Quezon City, Manila, Philipina (1997-1998). Usai studi, ia kembali ke Malang dan dipercaya sebagai direktur para frater CP. Cita-citanya semula ingin mewartakan Sabda Allah hingga ke tempat yang jauh dengan jalan menjadi seorang misionaris, namun ia tetap menjalani tugasnya dengan penuh ketaatan.

Senin, 11 Maret 2019, sekitar pukul 15.00 WITA Pastor Greg menghembuskan nafasnya yang terakhir di Sekadau, Kalbar. Demikian rilis berita yang disampaikan oleh Provinsialat Kongregasi Passionis (CP) di Jakarta. Jenazah Pastor Greg dikebumikan pada Rabu, 13 Maret 2019 pukul 09.00 WITA di Sekadau.

Dionisius Agus Puguh S.

HIDUP NO.12 2019, 24 Maret 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here