Paus Fransiskus Tunda World Youth Day 2022

90
Kumpulan orang muda di Panama, 22 Januari 2019. (Dok, CNA)
Paus Fransiskus Tunda World Youth Day 2022
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM– Paus Fransiskus telah memutuskan untuk menunda kegiatan World Youth Day (Hari Orang Muda Sedunia) dan World Meeting of Families (Pertemuan Keluarga  Sedunia). Kegiatan tersebut direncanakan berlangsung selama musim panas 2022 dan 2021.

Bedasarkan keterangan Direktur Kantor Pers Takhta Suci Matteo Bruni, World Youth Day yang akan diselenggarakan di Lisbon, Portugal pada Agustus 2022, dipindah ke Agustus 2023. World Meeting of Families yang sebelumnya dijadwalkan akan diadakan di Roma pada Juni 2021, mundur ke Juni 2022.

Menurut Bruni, keputusan Paus Fransiskus memindahkan tanggal cara besar tersebut karena situasi kesehatan saat ini dan biasanya acara besar ini mencakup kehadiran puluhan ribu orang. Tentu hal ini menjadi beresiko bagi orang muda dan keluarga.

Seperti yang dilansir Catholic News Agency, 20/4, Panitia pelaksana World Youth Day di Portugal mengeluarkan pernyataan bahwa mereka menerima keputusan Paus Fransiskus untuk menunda acara tersebut.

“Dengan ini kami menerima keputusan Bapa Suci. Saat ini dan di waktu mendatang, fokus perhatian semua orang adalah merawat keluarga yang paling rentan, dan semua yangmenderita dari efek pandemi yang disebabkan oleh COVID-19.,” ungkap mereka.

World Youth Day biasanya diadakan setiap tiga tahun sekali. Terakhir diselenggarakan di Panama pada Januari 2019, yang diperkirakan melibatkan 700.000 OMK. Pertemuan kaum muda ini diinisiasi oleh St. Yohanes Paulus II pada tahun 1985.

Di tahun 1994, St. Yohanes Paulus II menyelenggarakan World Meeting of Families yang berlangsung setiap tiga tahun di negara yang berbeda. Pertemuan terakhir diadakan di Dublin, Irlandia pada tahun 2018.

Karina Chrisyantia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here