Lawan Covid-19, Para Uskup Kanada dan Amerika Serikat Berdoa Melalui Perantara Maria Bunda Gereja

128
Persiapan dedikasi Amerika Serikat kepada Maria (HIDUP/ Felicia P. Hanggu)
Lawan Covid-19, Para Uskup Kanada dan Amerika Serikat Berdoa Melalui Perantara Maria Bunda Gereja
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM— Mulai Jumat 1 Mei 2020, para uskup di Kanada dan Amerika Serikat memperbaharui dedikasi mereka kepada Santa Perawan Maria. Kedua keuskupan tersebut memilih Maria, Bunda Gereja sebagai perantara doa-doa dalam menghadapi pandemi covid-19.

Ketua Konferensi Waligereja Amerika Serikat (USCCB) sekaligus Uskup Keuskupan Agung Los Angeles Jose Gomez menuliskan dalam surat yang ditujukan kepada uskup lainnya, bahwa tahun ini, mereka dengan sungguh memohon pertolongan dari Bunda Maria atas pandemi yang melanda seluruh umat di dunia.

“Ini adalah kesempatan Gereja Katolik untuk berdoa, dan selalu memohon perlindungan Bunda Maria dalam penyembuhan bagi yang sakit  dan kebijaksanaan bagi mereka yang bekerja untuk menyembuhkan virus yang mengerikan ini,” ungkap Mgr. Gomez.

Seperti yang dilansir dari Catholic News Service, Mgr. Gomez akan memimpin liturgi singkat dengan doa kepada Maria, Bunda Gereja pada hari Jumat, 1 Mei jam 3 sore waktu setempat (EDT). Ia mengundang para uskup, imam, biarawan dan biarawati untuk bergabung dari tempat masing-masing dan meminta partisipasi umat. Panduan liturgi tersedia untuk umat yang bergabung dengan membuka platform media sosial USCCB seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Gelar Maria, Bunda Gereja diberikan kepada Bunda Maria oleh Paus St. Paul VI di Konsili Vatikan II. Pada tahun 2018, Paus Fransiskus menambahkan Pesta Maria, Bunda Gereja pada kalender liturgi.

Setiap tahun, selama bulan Mei, Gereja Katolik mendaraskan doa khusus kepada Bunda Allah. Sabtu, 25/4, Paus Fransiskus mengirimkan surat ke seluruh umat dan menawarkan dua doa khusus yang didedikasikan kepada Bunda Maria. Doa ini dapat didaraskan setelah doa Rosario.

Karina Chrisyantia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here