115 TAHUN KARYA GEREJA DI SELATAN PAPUA: BERGERAK MENUJU KEMANDIRIAN (BAG. 1)

178
Perayaan 114 tahun Misi Gereja Katolik di Keuskupan Agung Merauke, Agustu 2019 lalu/Dok. Komsos Merauke
115 TAHUN KARYA GEREJA DI SELATAN PAPUA: BERGERAK MENUJU KEMANDIRIAN (BAG. 1)
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM-UMAT Katolik Keuskupan Agung Merauke (KAMe), tanggal 14 Agustus 2020, merayakan 115 tahun masuknya Gereja Katolik di Selatan Pulau Papua, tepatnya wilayah Merauke yang dimulai 14 Agustus 1905.

Perayaan ini mengusung tema, “115 Tahun Gereja Katolik hadir untuk mendukung Kemandirian dan Persaudaraan di Selatan Papua.” Sub tema, “Melalui peringatan 115 Tahun Gereja Katolik masuk di Selatan Papua umat Katolik KAMe mendukung kemandirian dan Persaudaraan dalam Nuansa Cinta Kasih”.

Administrator Apostolik KAMe Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC menjelaskan tema ini tak lain mengingatkan umat bahwa saatnya Gereja harus terus berjalan dalam kemandirian. Tidak harus tergantung kepada pihak lain, menjadi Gereja lokal yang mandiri dalam iman, tenaga pastoral, dan dalam administrasi, serta finansial. “Dalam semangat itu, ungkapan persaudaraan dan cinta kasih harus menguatkan perjalanan Gereja,” ungkap Mgr. Mandagi.

Pada perayaan 115 tahun masuknya Gereja Katolik di wilayah Selatan Papua ini, menjadi kesempatan ungkapan syukur atas perjuangan para misionaris. “Tentu kehadiran misionaris menjadi berkat bagi misi ini, maka kita juga diharapkan terus bertahan dalam iman. Kita terus menjadi misionaris-misionaris zaman ini dalam mewartakan kerajaan Allah,” demikian Mgr. Mandagi.

Yusti H. Wuarmanuk

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here