Siap Menjadi Murid Xaverius

Siswa SMA Xaverius bermeditasi di Pantai Natsepa, Ambon.
[HIDUP/Fr Sandy Ohoiledwarin]

HIDUPKATOLIK.com – PASIR putih membentang di sepanjang Pantai Natsepa, Ambon, Maluku. Di hamparan pasir putih itu, 78 siswa kelas XII SMA Xaverius Ambon duduk bersila mengikuti meditasi. Kegiatan ini merupakan rangkaian rekoleksi siswa SMA Xaverius di Wisma Susteran Tarekat Maria Mediatrix Wayare, Ambon, Jumat-Sabtu, 24-25/2.

Pastor Pius Titirloloby selaku pemateri, mengajak para siswa mengerti hakikat belajar. Menurut Pastor Pius, belajar bukan hanya menunjuk pada usaha siswa mendapatkan nilai bagus, tetapi belajar demi kehidupan; belajar mendapatkan sesuatu bagi hidup ke depan. Maka tujuan setiap perjuangan manusia terarah pada tiga hal, yaitu kesejahteraan hidup, pengabdian kepada Tuhan dan sesama, serta keselamatan kekal.

Rekoleksi ini menjadi rangkaian program sekolah dalam membina iman dan karakter peserta didik. Wakil Kepala Sekolah, Ina Elsoin mengatakan, rekoleksi ini diadakan agar para peserta didik dapat merefleksikan keberadaan mereka sebagai murid Xaverius yang mandiri, beriman, dan bertakwa kepada Tuhan. “Tetapi lebih dari itu, agar para siswa lebih percaya diri memasuki ujian nanti,” ungkap Ina. Rekoleksi ini juga bertujuan mempersiapkan para murid menyambut Ujian Nasional, yang berlangsung April 2017.

Fr Sandy Ohoiledwarin (Ambon)

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*