Pro Ecclesia et Patria

57
Pro Ecclesia et Patria
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com Sir. 10:1-8; Mzm. 101:1a, 2ac, 3a, 6-7; 1Ptr. 2:13-17; Mat. 22:15-21

BACAAN hari ini adalah bacaan wajib untuk Misa 17 Agustus. Secara sederhana, bacaan ini mau menggaris-bawahi tanggung jawab dan kewajiban seluruh umat Kristen yang juga warga negara Indonesia untuk mengabdi pada negara dan bangsa.

Tidak hanya pro Ecclesia, tetapi juga pro Patria! Permenungan mengenai tanggung jawab
orang Katolik kepada negara dan bangsa, rasanya menjadi amat relevan khususnya pada akhir-akhir ini, ketika Pancasila sebagai dasar negara mulai dirongrong secara masif oleh berbagai pihak untuk berbagai kepentingan.

“Sebagai bagian utuh dari bangsa dan negara Indonesia, Gereja tidak dapat berdiam diri menghadapi kondisi memprihatinkan yang mengancam keberlangsungan kehidupan bersama di negara Indonesia” (Nota Pastoral KWI 2018, no. 1).

Keterlibatan Gereja dalam usaha-usaha membangun kehidupan bersama yang lebih baik bukan merupakan sesuatu yang lepas dari iman, tetapi justru menjadi ladang perwujudan iman.

Iman tidak hanya diungkapkan dalam doa dan perayaan-perayaan liturgis, tetapi juga diwujudkan dalam keterlibatan sosial orang Kristen di tengah dunia.
Lalu? Apa yang bisa kita buat?

 

Pastor Dr. V. Indra Sanjaya
Dosen Kitab Suci Pasca Sarjana Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here