SEMINAR SAMPAH

142
Sonny Keraf berbicara dalam seminar.
[HIDUP/A. Aditya Mahendra]

HIDUPKATOLIK.com – Dalam rangkaian perayaan ulang tahun ke-47, Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara Jakarta menggelar seminar bertajuk “Hubungan Manusia dengan Alam”, Senin, 25/4. Seminar yang berlangsung di ruang kuliah IV STF Driyarkara ini menghadirkan Menteri Lingkungan Hidup 1999-2001 A. Sonny Keraf dan Ketua Umum Indonesia Solid Waste Association Sri Bebbasari.

Sonny mengatakan, sampah mungkin tidak berguna bagi manusia, tetapi alam sangat membutuhkan, seperti sampah organik yang berfungsi sebagai pupuk bagi tumbuhan. Maka, antara manusia dan alam mempunyai hubungan yang sangat erat.

Bebbasari mengemukakan lima aspek dalam pengelolaan sampah di Indonesia yakni aspek hukum, aspek kelembagaan, aspek pembiayaan, aspek teknologi, dan aspek sosial budaya. “Sampah plastik yang sering kita temui dipinggir jalan adalah bukti salah pakai dan salah buang yang justru dilakukan manusia. Karena itu, sosialisasi tentang buang sampah pada tempatnya mesti terus digalakkan,” katanya.

Lebih lanjut, Bebbasari mengatakan bahwa ajakan atau sosialisasi itu mesti dikemas dalam hal-hal kreatif agar menarik minat banyak orang. Misal membuat tempat sampah yang unik dan menarik sehingga orang tertarik membuang sampah di sana.

A. Aditya Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here