Pengalaman Bersama Allah

52
Pengalaman Bersama Allah
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Hari biasa Pekan I Prapaskah. Est.4:10a,10c-12,17-19; Mzm. 138:1-2a,2bc-3,7c-8; Mat. 7:7-12

BACAAN hari diambil dari kitab yang tidak biasa, yaitu Tambahan Ester yang terdapat dalam bagian tulisan-tulisan Deuterokanonika. Dalam Alkitab Anda teks bacaan hari ini terdapat pada Tambahan Ester C. Lalu silakan cari ayat yang dimaksud.

Bacaan hari ini mengisahkan bagaimana Ester berdoa kepada Allah. Mengetahui bahwa Haman berencana memunahkan bangsa Yahudi (Est 3,13), Mordekhai yang adalah pengasuh Ester berusaha menyelamatkan bangsanya.

Kemudian diceritakan bagaimana Mordekhai berdoa kepada Allah (C, 1-9) dan juga Ester berdoa (C, 10-24). Doa Ester inilah yang kita baca pada hari ini. Dalam doanya Ester mengungkapkan keyakinan imannya bahwa dalam situasi yang terdesak seperti itu, hanya Allah lah yang mampu menyelamatkan mereka (ay.11).

Keyakinan Ester ini didasarkan pada pengalaman bersama Allah: sepanjang sejarah Allah telah menolong mereka; maka sekarang pun tidak ada alasan mengapa Allah tidak menolong. Allah pasti menolong! Lalu?

Pengalaman bersama Allah yang masing-masing kita alami sungguh amat membantu kita untuk tetap bertahan dalam keyakinan bahwa Allah tidak akan meninggalkan kita. Mari kita kembali menelusuri hidup kita dan melihat di mana Allah sebenarnya turun tangan untuk menyelamatkan kita.

 

Pastor Dr. V. Indra Sanjaya
Dosen Kitab Suci Pasca Sarjana Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

HIDUP NO.10 2019, 10 Maret 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here