Wujud Nyata Dokumen Abu Dhabi

32
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Pemuda Katolik merealisasikan pesan Paus dan Imam Besar Al Azhar dari Uni Emirat Arab dalam program nyata merawat kebangsaan dan bantuan kasih.

Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Jawa Barat menyambangi pusat Jemaat Muslim Ahmadiyah Indonesia di Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ketua Pemuda Katolik Komda Jawa Barat, Edi Silaban beserta jajaran pengurus lainnya disambut oleh Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Pemuda Ahmadiyah, Mubarak Ahmad
Kamil, Selasa, 3/2/2020. Agenda pertemuan yang
digagas oleh Pemuda Katolik bertujuan untuk silaturahmi sesama anak bangsa. Mereka ingin mengukuhkan pentingnya persatuan dan kesatuan antara sesama generasi muda.

Edi Silaban menyampaikan, bahwa kunjungan tersebut bukan silahturahmi biasa. Ia berpendapat, budaya dialog penting sebagai jalan kerjasama membangun persaudaraan. “Kami ucapkan terima kasih sudah diterima dengan begitu baik. Ke depan mari bersama-sama bekerja keras menyebarkan budaya toleransi,” kata Edi.

Menurutnya, hal ini selaras dengan pesan damai Paus Fransiskus dan Imam Besar Al Azhar, Syekh Ahmed Al- Tayeb yang ditandatangani di Abu Dhabi setahun lalu. Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia (Dokumen Abu Dhabi) itu ingin menciptakan hidup yang harmonis di antara umat beragama.

Mubarak mengatakan, perjumpaan kedua organisasi kepemudaan ini adalah suatu
karunia yang patut disyukuri. “Kita bersyukur bisa berjumpa malam ini. Sejak sore sebelum kedatangan Pemuda Katolik, dada saya bergetar saking senangnya karena akan menyambut tamu istimewa,” ungkap Kamil tersenyum.

Bank Sepatu
Dokumen Abu Dhabi juga ditanggapi secara konkret di Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar). Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sanggau
mengadakan kegiatan berupa “Bank Sepatu.” Kegiatan ini untuk mengumpulkan sepatu-sepatu bekas layak pakai untuk anak-anak SD-SMP dari berbagai golongan dan agama yang tidak mampu di Kabupaten Sanggau.

Kegiatan ini sudah dimulai sejak 14 Desember 2019 dengan mendistribusikan sepatu-sepatu ke Desa Mobui, Kecamatan Kembayan dan Desa Padi Kaye, Kecamatan Balai Batang Terang. “Kami
bersyukur atas bantuan- bantuan dari Pemuda Katolik. Banyak anak merasa terbantu dan sangat senang. Mereka menjadi semangat ke sekolah dan juga merasa Gereja memperhatikan mereka,” ujar
Kepala Paroki Hati Kudus Tuhan Tesus Batang Tarang, Pastor Latu Maingk.

Selain dua tempat itu, sepatu-sepatu bekas pakai ini juga disalurkan ke Asrama Putra Kecamatan Parindu, Paroki Meliau, Desa Lansat Kecamatan Tayan Hulu, dan Desa Engkode Kecamatan Mukok. Tempat terakhir yang didistribusikan adalah Dusun Badat Baru dan Dusun Badat Lama serta Desa Suruh Tembawang, Entikong pada Sabtu-Minggu, 1-2/2/2020.

Hubertus V. Wake Ketua Pemuda Katolik Cabang
Sanggau mengatakan, sepatu- sepatu ini adalah sumbangan dari donatur di Jakarta dan Tanggerang. Selain itu sepatu juga berasal dari sumbangan para donatur di Kalbar, keluarga Bupati Sanggau Paolus Hadi, Serawak, Malaysia, dan berbagai perusahaan.

“Kami mengumpulkan sepatu dengan sistem jemput bola. Syukur bahwa ada banyak donatur yang tidak menyumbang sepatu bekas tetapi sepatu-sepatu baru. Selain itu ada juga sumbangan lain seperti tas sekolah dan buku serta alat-alat tulis,” ujar Hubertus.

PK Komda Jawa Barat/PK Cabang Sanggau

HIDUP NO.07 2020, 16 Februari 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here