Uskup Dominikus Saku Mengajak 10 Imam Baru Untuk Membangun Persaudaraan

125
SKUP Atambua, Mgr. Uskup Dominikus Saku, mentahbiskan 10 imam baru di Biara SVD, Noemeto/Pastor Inosensius Nahak Berek
Uskup Dominikus Saku Mengajak 10 Imam Baru Untuk Membangun Persaudaraan
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM-USKUP Atambua, Mgr. Dominikus Saku, mentahbiskan 10 imam baru di Biara SVD, Noemeto, Kamis, 1/10. Walau di tengah situasi pendemi virus Corona, upacara tetap berlangsung hikmat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Para imam baru yang ditahbiskan antara lain: Pater Mikhael Kunsen Bani, SVD; Pater Yohanes Un Berek, SVD; Pater Yanuarius Silwanus Baku Salu, SVD; Pater Yasintus Vitalis Bria Seran, SVD; Pater Lukas Elminaldo Beo, SVD; Pater Florianus Efrem Bani, SVD; Pater Simplisius Bau Mali, SVD; Pater Bernardus Uskono, MSSCC; Pater Marsianus Maksimus Leu, MSSCC.

Situasi yang berbeda dari upacara tahbisan pada tahun sebelumnya. Umat yang hadir dibatasi jumlah dari keluarga masing-masing imam baru. Bahkan sebelum perayaan Misa dimulai, ada pengecekan suhu tubuh bagi umat yang akan mengikuti upacara tahbisan.

Uskup Domi dalam homili singkat menjelaskan tentang makna tahbisan suci sebagai anugerah istimewa dari Tuhan demi keselamatan manusia.

“Seorang imam datang dari keluarga. Tahbisan suci sebagai bukti Allah menghadirkan rahmat keselamatan bagi kita. Imamat umum dalam keluarga-keluarga telah nyata dalam rahmat imamat khusus para imam yang ditahbiskan,” kata Uskup Domi.

Ia juga menjelaskan tentang tema dari perayaan tahbisan suci, “Ini Aku Utuslah Aku”, yang diambil dari kitab Yesaya. Keterpanggilannya di masa muda untuk mendengarkan bisikan Tuhan, telah menghantar nabi Yesaya mengalami sentuhan keselamatam Ilahi.

Uskup Domi mengharapkan agar sebagai imam Tuhan, mari kita membangun persaudaraan sejati dalam hidup berkomunitas dan juga bersama umat di mana kita melayani.

“Anda dianugerahi rahmat istimewa dari Tuhan. Pergunakanlah itu untuk karya keselamatan. Para imam hendaknya menjadi contoh dalam membangun persaudaraan. Hiduplah dalam sukacita injil.

Lebih lanjut ia juga berpesan agar sebagai misionaris perlu menjadi seorang pelayan Sabda dan Sakramen yang setia. Keselamatan Tuhan tetap diwartakan. Dengan imamat suci kita diperkaya. Imamat adalah jantung hati Gereja. Hadiah Tuhan untuk kita.

Dalam sambutan atas nama panitia dan keluarga imam baru, Provinsial SVD Timor, Pater Didimus Nai, SVD mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Lebih khusus kepada Bapak Uskup Atambua yang telah berkenan mentahbiskan ke-10 imam Tuhan.

Sekaligus Pater Didi berpesan agar para imam misionaris ini sungguh setia dalam menyebarkan kasih dan kebaikan Tuhan bagi umat yang dilayani. Ini putra-putra terbaik yang siap diutus.

“Putra-putra terbaik kita ini akan siap diutus ke mana saja. Jadilah misionaris yang baik dan setia. Kami selalu mendoakanmu,” ucapnya.

Hadir juga dalam upacara tahbisa suci ini, Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi;  Bupati TTU, Raymundus Fernandez, utusan pejabat dari Kabupaten Malaka dan Belu serta pimpinan dan anggota dewan dari tiga kabupaten.

Pastor Inosensius Nahak Berek (Atambua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here