PRE EVENT III AYD: GEREJA SEBAGAI INSTITUSI

115
Keceriaan OMK menyambut AYD (Panitia AYD 2017)
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com – GEREJA, mendengar kata ini apa yang kamu pikirkan? Sebuah bangunan besar dengan salib di atasnya? Deretan hierarki dari paus sampai ke umat akar rumput? Atau persekutuan manusia-manusia yang percaya kepada Yesus Kristus Sang Juru Selamat?

Boleh jadi banyak jawaban yang ada di dalam pikiran kamu. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa Gereja pertama-tama adalah kumpulan manusia yang percaya kepada Yesus. Seiring waktu kumpulan ini membentuk sebuah institusi yang disebut Gereja. Tema “Gereja Sebagai Institusi” inilah yang menadi tema Pre Event III menyambut Asian Youth Day (AYD) ke-7 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta 30 Juli-9 Agustus 2017. Pre Event III ini diluncurkan awal Desember ini, 22/11.

Sobat muda, Nugroho Budi Wicaksono mengungkapkan, selama Pre Event III ini OMK di Indonesia bahkan di seluruh Asia diajak untuk berdiskusi membicarakan tentang Gereja sebagai sebuah institusi. “Pre Event III kali ini lebih sebagai ajakan, sosialisasi, dan juga sebuah katekese tentang Gereja sebagai persekutuan umat beriman dalam Kristus,” kata volunteer AYD bagian Publikasi ini.

Nantinya AYD paling hanya bisa diikuti sekitar 3000 peserta dari seluruh Asia. Pre Event yang diluncurkan menjelang AYD dimaksudkan agar seluruh OMK ikut terlibat di perhelatan pertemuan OMK seluruh Asia ini. “Meski tidak semua OMK bisa datang langsung ke Jogja namun semua bisa ikut terlibat dalam event ini,” kata Nugroho menambahkan.

Nah, Mas Nugroho juga melanjutkan, diharapkan OMK di semua paroki tertarik untuk mendiskusikan tema ini. “Dalam pertemuan OMK, diharpkan ada ide-ide yang muncul tentang seperti apakah Gereja akan berkembang di kemudian hari,” katanya. Ketika di Eropa banyak gereja yang beralih fungsi, OMK Asia diminta untuk menyumbangkan ide bagi perkembangan Gereja di Asia dan dunia.

Jadi guys, ini waktunya kamu untuk unjuk ide. Keluarin ide-ide cemerlang yang saat ini ada di pikiran kamu. Sebagai bagian dari gereja kamu juga bertanggung jawab pada perkembangannya di masa depan. Gereja akan semakin berwarna dengan ide-ide segar dari kamu.

Antonius E Sugiyanto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here