Kemegahan Katedral Keuskupan Ruteng dan Keelokan Kota di Kaki Gunung Ranaka

Kemegahan Katedral Keuskupan Ruteng dan Keelokan Kota di Kaki Gunung Ranaka
5 (100%) 3 votes

HIDUPKATOLIK.com – Paroki Katedral Ruteng yang berada di tengah kota merupakan bangunan baru. Mulai dibangun pada tahun 1996. Memiliki ciri khas arsitektur Eropa. Bangunan ini sangat megah dan berada di atas tanah yang sangat luas sekitar 4000 meter persegi.

Selain kemegahan bangunannya yang luar biasa, ada beberapa bagian menarik di lingkungan paroki katedral ini, diantaranya patung Santa Maria Assumpta dekat tangga menuju halaman gedung gereja. Patung inilah yang menjadi icon dari nama Katedral Ruteng yaitu Santa Maria Assumpta – Santo Yosef. Hal menarik lainnya adalah Tempat Jalan Salib dimana terdapat tiruan dari patung Pieta Michael Angelo yang sangat terkenal itu. Dekat tempat Jalan Salib itu terdapat makam-makam bersejarah para uskupnya.

Selain itu Katedral ini memiliki menara dan lonceng yang besar dan jika berdentang suaranya sangat keras dan menggema hingga pelosok kota. Satu hal lagi jika anda hendak berkunjung ke Kota Ruteng ini adalah jangan lupa membeli hasil panen sayuran organiknya yang terkenal itu. Anda akan semakin beruntung jika saat berkunjung ke Katedralnya dapat mendengarkan paduan suaranya berlatih lagu-lagu indah nan merdu.

BACA JUGA: Anda Pasti Belum Tahu! Ruteng Ternyata Kota Seribu Biara Penuh Keindahan

Di Ruteng berdiri banyak sekali gereja dan biara. Bentuk bangunan gereja dan biara umumnya berarsitektur Eropa, sesuai dengan asal muasal tarekat masing-masing. Sangat jarang yang justru bercirikan Ruteng atau Manggarai. Keindahan kota Ruteng Didukung dengan udara sejuk lereng Gunung Ranaka.

Dan yang terakhir jika anda berkunjung ke Katedral Ruteng jangan lupa mengunjungi Red Chapel (Kapel Merah). Ini gedung bersejarah peninggalan Belanda. Apa dan ada apa dengan Red Chapel silahkan anda datang sendiri mencari tahu. (Rk)

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*