160 Tahun Biara dan Sekolah Santa Ursula Jakarta “Celebrate & Elevate”

176
Ilustrasi 160 Tahun Sekolah Santa Ursula Jakarta. [Dok. Sekolah Santa Ursula]
160 Tahun Biara dan Sekolah Santa Ursula Jakarta “Celebrate & Elevate”
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.COM –  Bisa mencapai usia 160 tahun adalah suatu prestasi besar untuk sebuah lembaga. Di dalamnya ada kerja keras dan komitmen untuk menjaga nama besar dan mencapai tujuan hidup bersama. Prestasi inilah yang telah ditunjukkan oleh Biara dan Sekolah Santa Ursula Jalan Pos Jakarta. 

Para Suster Ordo Santa Ursula (OSU) yang berasal dari Eropa mulai berkarya di Indonesia sejak 7 Februari 1856. Sampai saat ini ada 13 yayasan yang dikelola oleh para Suster Ursulin.

Yayasan-yayasan tersebut menaungi sekolah-sekolah dari jenjang TB/TK (Taman Bermain/Taman Kanak-kanak) hingga jenjang SMA (Sekolah Menengah Atas) di Jawa maupun Luar Jawa. Salah satunya adalah Sekolah Santa Ursula di Jalan Pos, Jakarta,
yang didirikan pada 18 Januari 1859.

Tahun ini Biara dan Sekolah Santa Ursula akan berusia 160 tahun. Mengusung tema Celebrate & Elevate, Komunitas Santa Ursula yang terdiri dari Yayasan Satya Bhakti, para guru dan karyawan, para siswa, para orang tua siswa, Ikatan Alumni Santa Ursula Jalan Pos Jakarta (INI SANUR POSTA – ISP) menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang sudah dimulai sejak November 2017.

Perayaan “160 Tahun Santa Ursula Jalan Pos Jakarta” diawali dengan bazar Insieme a Sanur (November 2017) dan Run for Teachers (Desember 2017), lalu dilanjutkan dengan seminar tentang Perempuan dan Teknologi untuk para siswa (8 Desember 2018).

Puncak acara akan diadakan selama tiga hari berturut-turut, yaitu Perayaan Ekaristi Syukur (18 Januari 2019), Homecoming (19 Januari 2019), dan Family Day (20 Januari 2019). Homecoming ditujukan untuk semua alumni Sekolah Santa Ursula Jalan Pos, baik TK, SD, SMP, maupun SMA.

Acaranya sangat beragam, mulai dari bazar, penampilan Putri Santa Ursula Marching Brass, SMP Santa Ursula Mini Orchestra, pertunjukan para alumni, fashion show, dan ditutup dengan penampilan band Maliq & D’Essentials.

Sementara itu, Family Day menyasar semua elemen Sekolah Santa Ursula Jalan Pos, baik guru, karyawan, para siswa, orang tua murid, yayasan, serta para alumni. Selain bazar yang sudah ada sejak sehari sebelumnya, Family Day diisi dengan berbagai perlombaan untuk siswa dari tingkat TK sampai SMA dan penampilan seni dari beberapa siswa.

Rangkaian acara yang telah dibuat diharapkan tidak hanya menjadi sekadar perayaan keberhasilan perjalanan Biara dan Sekolah Santa Ursula selama 160 tahun berkarya, tetapi juga dapat terus memberikan sumbangan positif dan meningkatkan kualitas pendidikan demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

 

Efika Rosemary/ Angela M. Basiroen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here