Hari Air Sedunia: Air adalah Hak Asasi Manusia

438
5/5 - (1 vote)

Air adalah prasyarat bagi keberadaan manusia, dan untuk keberlanjutan planet bumi kita. Keberadaan air terjalin dengan hampir semua manusia, dari perubahan iklim dan ekonomi global hingga masalah gender dan hak asasi manusia.

Hari Air Sedunia yang jatuh pada hari ini, 22 Maret 2019, adalah tentang mengatasi krisis air dengan membahas alasan mengapa begitu banyak orang yang tertinggal akan kebutuhan dasar dalam kehidupannya untuk memperoleh/ mengakses air bersih.

Air merupakan komponen utama adanya kehidupan di muka bumi ini, untuk itu mari tingkatkan penghargaan terhadap air dengan tidak berlaku semena-mena terhadap air dimana pun adanya.

Tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan limbah atau berlaku boros dalam penggunaan air, khususnya air bersih.⁣ Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga turut mengajak masyarakat untuk menyimpan dan menjaga cadangan air.

Sebagaimana ada pepatah tertulis, “Siapa yang menyegarkan orang lain, dirinya akan disegarkan.” Selamat merayakan Hari Air Dunia (HAD) 2019.

 

Sumber: TribunKaltim.co/Syaiful Syafar; worldwaterday.org; IPS Inter Press Service News Agency/ konservasidas.fkt.ugm.ac.id

Antonius Bilandoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here