Tugas Misi

331
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com – Setiap tahun Gereja semesta merayakan Hari Minggu Misi Sedunia. Dalam Konsili Vatikan II ditegaskan “Pada hakikatnya Gereja peziarah bersifat misioner, sebab berasal dari perutusan Putra dan perutusan Roh Kudus menurut rencana Allah Bapa”. Minggu Misi Sedunia sekiranya juga menyentuh kesadaran seluruh umat akan pentingnya tugas perutusan menjadi semakin dalam, dan tanggung jawab umat untuk ikut ambil bagian dalam karya misi semakin dihayati dengan sepenuhnya.

“Misi Gereja di Dunia Dalam Berbagai Seginya” hadir sebagai bahan untuk mengisi dan memperdalam Hari Minggu Misi. Bahan-bahan yang terdapat dalam buku ini bisa dipakai sebagai inspirasi dan pendalaman tentang tugas perutusan Gereja yang sangat penting itu. Buku ini terdiri dari empat bab; Misi Gereja dan Perkembangannya, Mencermati Kegiatan Misi St Paulus, Karya Misi St Paulus, dan Misi Dalam Rangka Pengembangan Gereja Indonesia.

Pada bagian awal, buku ini memaparkan tentang pengertian dasar, tujuan, pelaksanaan misi serta perkembanganya. Sehingga ini membantu pembaca untuk bisa lebih memahami tugas misi dalam zaman modern ini. Di bagian tengah, dikisahkan tentang kegiatan misi St Paulus yang dipanggil sebagai pewarta untuk bangsa-bangsa sampai ke ujung bumi, tujuannya agar para pembaca bisa menapaki jejak misi St Paulus dalam tugasnya yang penuh tantangan dan tak kenal lelah. Sedangkan di bagian akhir, penulis menjelaskan tentang bagaimana bermisi dalam situasi perkembangan Gereja di Indonesia sekarang ini.

Penulis yang juga merupakan seorang Uskup diosesan Keuskupan Palangka Raya ini berharap buku yang ditulisnya bisa menjadi bacaan yang menginspirasi para imam, katekis, para pemandu dan penggiat tugas misi. Lebih lagi setiap orang beriman dan siapapun yang berkehendak baik dan berminat untuk ambil bagian dalam tugas mulia Yesus Kristus. “Marilah kita semakin menyadari tugas misi Gereja yang adalah tugas kita, untuk bersama-sama membawa Kabar Gembira bagi semua orang,” (hal. xxii).

Judul : Misi Gereja Di Dunia Dalam Berbagai Seginya
Penulis : Mgr A. M. Sutrisnaatmaka MSF
Penerbit : OBOR, 2018
Tebal : xii + 88 halaman

Marchella A. Vieba

HIDUP NO.09 2019, 3 Maret 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here