Memelihara Ingatan Akan Pancasila

84
Pemuda Katolik Komcab Jawa Barat.
[PK Jawa Barat]
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com – Pemuda Katolik (PK) Jawa Barat menggelar Musyawarah Komisariat Daerah (Muskomda) Pemuda Katolik Jawa Barat pada Sabtu-Minggu, 7-8/9 di Wisma Kompas Cipanas Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Ketua Pemuda Katolik Jawa Barat Demisioner Frederikus Lusti Tulis menyampaikan, bahwa Muskomda ini merupakan mekanisme organisasi Pemuda Katolik untuk mengevaluasi dan menetapkan program-program umum organisasi di tingkat daerah atau propinsi.

Tantangan pemuda saat ini terutama dengan gencarnya penggunaan sosial media (medsos). Adanya medsos di satu sisi memberikan kemudahan bagi manusia, akan tetapi disisi yang lain juga dapat memberikan dampak yang negatif. Frederikus menuturkan, isu radikalisme, intoleransi, kabar bohong dan ujaran kebencian begitu mudahnya dapat dihembuskan dalam waktu sekejap. “Setiap orang sedapat mungkin harus bijak dalam memanfaatkan media social,” ujar Frederikus.

Muskomda ini juga menjadi forum untuk memberhentikan, memilih, dan menetapkan kepengurusan Komda berikutnya. Secara umujm, kegiatan bertema “Penguatan Nilai-Nilai Luhur Pancasila Dalam Menangkal Isu Radikalisme”. Tema tersebut berangkat dari keprihatinan Pemuda Katolik Jawa Barat terkait dengan kondisi bangsa yang menandakan kurang terpeliharanya ingatan atas sejarah lahirnya NKRI dan kurang terhayatinya nilai–nilai Pancasila terutama di kalangan orang muda. Muskomda ini memilih Edi Silaban sebagai Ketua Komda Jawa Barat Periode 2019-2022.

PK Komcab Jawa Barat

HIDUP NO.38 2019, 22 September 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here