Terapkan Nilai Pancasila di Tengah Pandemi

83
Seminar Nasional Pancasila Vox Point Indonesia (Youtube HIDUP Tv)
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Pancasila adalah dasar negara, yang kerap disebut the way of life dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Jika diperhatikan, Pancasila mempunyai beberapa kata dasar, yakni  Tuhan, manusia, rakyat dan adil. Ketua Umum Vox Point Indonesia Handoyo Budhisejati mencoba menuturkan satu kalimat sederhana yang melukiskan keindahan Pancasila.

“Negara Indonesia yang terdiri dari sekumpulan manusia Indonesia hendaknya bertuhan menurut keyakinan masing masing dan hidup saling menghormati bagi sesama manusia, di tengah perbedaan etnis, suku, agama, ras tetapi kita adalah satu bangsa dengan selalu memperjuangkan kesejahteraan bagi rakyat secara adil,” jelasnya.

Bagi Handoyo, tanggal 1 Juni tidak hanya diperingati sebagai lahirnya Pancasila tetapi juga bagaimana Pancasila di aktualisasikan pada tindakan tindakan nyata dalam masa pandemi ini. Ia teringat pada pidato Soekarno yang intinya memperkenalkan kata pancasila, bukan Panca Darma. “Bagi Soekarno di atas lima sila ini telah didirikan negara Indonesia yang kekal abadi. Pancasila, menurut Soekarno dapat diartikan gotong royong,” tambahnya.

Maka Vox Point Indonesia sangat mendukung penuh upaya pemerintah dan elemen bangsa yang juga menudukung nilai Ketuhanan dan kemanusiaan. Menurut Handoyo, hal ini semakin relevan di tengah upaya bersama untuk memutus mata rantai covid 19. Sejak covid 19, hampir semua kalangan bahu membahu, entah itu memberikan bantuan berupa uang atau sembako kepada yang membutuhkan.

Sehingga, Seminar Nasional Pancasila dalam rangka Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Vox Point Indonesia,2/6, menjadi sebuah bekal yang lebih bagi masyarakat akan pengetahuan nilai-nilai Pancasila. Seminar  yang bertajuk Aktualisasi Pancasila di Tengah Pandemi Covid-19 menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, Anggota DPR RI Fraksi PKS 3 Mardani Ali Sera, Anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia/AIPI Yudi Latif dan Dewan Pakar Vox Point Indonesia Sonny Y. Soeharso. Serta hadir Ketua MPR RI sebagai keynote speaker dan sebagai moderator Direktur Direktorat Pancasila Vox Point Indonesia/ Manager Character Building Development Center (CBDC) Binus University Fios Frederikus.

Harapannya, setelah seminar ini berlangsung adanya perubahan pola pikir masyarakat, pemikiran kritis dan sikap sesuai dengan Pancasila. Sejatinya, Pancasila bukan sekedar slogan melainkan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahakan dalam kehidupan dan bernegara.

Karina Chrisyantia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here