Krisis Ukraina: Uskup Agung Katolik Mengatakan Tuhan Akan Memiliki Kata Terakhir tentang Konflik Rusia – Ukraina

503
5/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.COM – SEORANG uskup agung Katolik telah menekankan kuasa Tuhan atas memburuknya krisis Ukraina dengan Rusia, mendesak orang-orang untuk terus berdoa bagi perdamaian.

Selama wawancara 21 Februari 2022 dengan Aid to the Church in Need di Königstein, Jerman, Uskup Agung Mieczyslaw Mokrzycki mengatakan bahwa Tuhan memiliki kata terakhir, bukan pemimpin politik.

“Masyarakat umum dan media hanya berfokus pada faktor manusia dari persamaan ini: para pemimpin politik, diplomat, strategi, tentara … tetapi pada akhirnya, Tuhan akan selalu memiliki kata terakhir,” uskup agung Ritus Latin dari Lviv, kota terbesar di Barat Ukraina, mengatakan kepada CNA.

“Apa pun yang (Tuhan) izinkan, akan menjadi faktor penentu,” lanjutnya. “Itulah sebabnya kita tidak bisa berhenti memohon doa berkali-kali dan dari seluruh dunia, seperti yang terus dilakukan Paus Fransiskus. Yakinlah, doa kita dapat mengubah arah konflik ini.”

Kekuatiran bahwa Rusia akan memulai invasi skala penuh ke Ukraina meningkat minggu ini setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa ia akan mengakui wilayah Lugansk dan Donetsk di Ukraina yang memisahkan diri sebagai entitas independen.

Wilayah timur, yang dijalankan oleh separatis yang didukung Rusia, termasuk tanah yang saat ini dikuasai oleh angkatan bersenjata Ukraina.

Uskup Agung Mayor Sviatoslav Shevchuk, pemimpin Gereja Katolik Yunani Ukraina, mengatakan pada Selasa bahwa pengakuan kemerdekaan Rusia untuk daerah-daerah ini telah membahayakan umat manusia.

“Hari ini seluruh umat manusia telah berada dalam bahaya – bahwa yang berkuasa memiliki hak untuk memaksakan diri pada siapa pun yang mereka inginkan, tanpa memperhatikan aturan hukum,” katanya dalam Selasa (22/2.2022) lalu.

Uskup Agung Mokrzycki mengatakan kepada ACN pada Senin bahwa “selama orang masih berbicara, ada secercah harapan.”

“Perang tidak membawa solusi apa pun, hanya kehancuran, penderitaan, dan kurangnya perdamaian,” tambah uskup agung berusia 60 tahun itu.

Berasal dari Polandia, Mokrzycki telah memimpin keuskupan agung Lviv sejak 2008. Ia menjabat sebagai wakil sekretaris pribadi Yohanes Paulus II dari 1996 hingga kematian paus Polandia itu pada 2005. Ia kemudian menghabiskan dua tahun sebagai sekretaris Paus Benediktus XVI.

Ukraina adalah negara berpenduduk 44 juta orang yang berbatasan dengan Belarusia, Rusia, Moldova, Rumania, Hongaria, Slovakia, dan Polandia. Sekitar dua pertiga dari penduduk adalah Kristen Ortodoks.

Negara terbesar kedua di Eropa berdasarkan wilayah setelah Rusia adalah rumah bagi Gereja Katolik Yunani Ukraina, yang terbesar dari 23 Gereja Katolik Timur dalam persekutuan penuh dengan Takhta Suci.

Ada juga komunitas Katolik lainnya di Ukraina, termasuk Gereja Katolik Yunani Rutenia, Gereja Katolik Armenia, dan Gereja Latin.

Tiga puluh tahun yang lalu, ketika Ukraina mendeklarasikan kemerdekaan dari Uni Soviet, struktur Gereja Latin diperbarui. Saat ini, ia memiliki tujuh keuskupan, tiga seminari besar, dan tiga institut teologi.

Uskup Agung Mokrzycki mengatakan, Gereja Katolik di seluruh Ukraina sedang mempersiapkan kemungkinan gelombang pengungsi Ukraina dari rumah mereka, terutama dari wilayah timur.

“Kami siap menyambut orang-orang ke gereja kami dan memberi mereka makanan dan air,” katanya. “Kami telah menyelenggarakan kursus pertolongan pertama bagi para imam, religius dan awam, sehingga dalam keadaan darurat mereka dapat merawat yang terluka.”

Beberapa orang Ukraina timur telah pindah ke barat, katanya, dan “kami telah menyewa beberapa rumah kosong yang akan menyediakan akomodasi bagi mereka.”

Uskup agung itu menambahkan bahwa doa dan dukungan dari orang-orang di seluruh dunia sangat menyentuhnya.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh Gereja universal, dan terutama kepada Paus Fransiskus, yang telah mengeluarkan seruan doa di seluruh dunia untuk Ukraina,” katanya.

“Saya ingin mengulangi seruan ini: Lanjutkan doa ini. Teruslah berdoa, sampai kedamaian terakhir datang.”

Perang Rusia-Ukraina dimulai pada Februari 2014, dengan fokus di timur Ukraina. Konflik tersebut telah merenggut lebih dari 14.000 nyawa dan mengusir 1,3 juta orang dari rumah mereka, menurut Caritas International, sebuah konfederasi amal Katolik yang berbasis di Vatikan.

Pada Juli 2020, para pihak menyetujui gencatan senjata, tetapi dalam beberapa pekan terakhir, Putin telah mengirim setidaknya 150.000 tentara ke perbatasan Ukraina.
Selama audiensi umum mingguannya pada Rabu, Paus Fransiskus mengimbau orang-orang percaya dan tidak percaya untuk berdoa dan berpuasa bagi perdamaian di Ukraina.

“Saya mengundang semua orang untuk menjadikan 2 Maret mendatang, Rabu Abu, hari puasa untuk perdamaian. Saya mendorong orang percaya dengan cara khusus untuk mengabdikan diri mereka secara intens untuk berdoa dan berpuasa pada hari itu. Semoga Ratu Perdamaian menjaga dunia dari kegilaan perang,” kata paus pada 23 Februari. **

Pastor Frans de Sales, SCJ, Sumber: Hannah Brockhaus (Catholic News Agency)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here