100 Tahun RS St Carolus, Melayani Dari Hati, Membangkitkan Harapan

1878

Sebelumnya pada Sabtu, 19/1/2019 sebagai bagian dari rangkaian acara keseluruhan menyongsong 100 tahun RS St. Carolus, Panitia Jubile 100th CB di Indonesia telah membuat acara bedah buku dan peluncuran tiga buku berjudul “Sejarah RS St.Carolus”, “Rara Tommy dan Chiara”, dan “Gema Carolus”.

Lulus Akreditasi Paripurna
Perjalanan satu abad RS St Carolus bukanlah sekadar usia yang berlalu. Sejumlah prestasi telah ditorehkan antara lain perolehan Sertifikat Akreditasi Rumah Sakit tingkat “Paripurna” yang kedua kalinya dari Komisi Akreditasi RS yang berlaku hingga 2 Desember 2021.

Perihal prestasi tersebut, dr Vero menjelaskan, akreditasi lulus paripurna adalah lulus tertinggi dari berbagai tingkatan mulai dari dasar, madya, utama, hingga paripurna. Ia menjelaskan bahwa akreditasi RS dilakukan setiap tiga tahun sekali.

“Tahun 2015 kami sudah lulus paripurna. Pada akhir tahun (2018-red.) lalu, ujian lagi, lulus paripurna juga. Akreditasi untuk menjamin mutu layanan dan pelayanan yang berfokus pada pasien,” kata Vero.

Lulus akreditasi juga merupakan salah satu syarat agar RS dapat bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Sementara untuk tipe RS dikenal dengan tipe A, B, atau C. RS Carolus merupakan RS swasta tipe B yang melayani pelayanan kedokteran medik spesialis luas dan subspesialis terbatas.

“Ada pula RS tipe D yakni RS khusus seperti RS jiwa, RS THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan). Tergantung jumlah dokter spesialis dan sub spesialis yang ada. RS tipe A yang bisa hanya RS Pemerintah seperti RSCM dan RSPAD,” pungkas wanita single kelahiran Jakarta yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Humas dan Hukum selama 15 tahun di RS St Carolus ini.

 

Antonius Bilandoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here